News

5 Faktor keamanan apartemen yang perlu diperhatikan sebelum pindah

Fasilitas yang lengkap, lokasi yang strategis, dan harga yang kompetitif merupakan tiga dari banyak aspek yang sangat penting dalam pemilihan sebuah hunian vertikal untuk tempat tinggal.
 
Namun tersedianya kolam renang dan dekatnya apartemen ke pusat transportasi umum akan menjadi tidak signifikan jika gedung apartemen dan unit Anda dapat dengan mudahnya diakses oleh orang-orang yang memiliki niat jahat atau tidak dilengkapi dengan pintu darurat di saat keadaan bahaya. Maka satu lagi aspek yang patut Anda pertimbangkan adalah keamanan.
 
Tentunya hampir setiap apartemen akan menyediakan fasilitas keamanan berupa petugas keamanan yang aktif 24 jam dan juga kamera CCTV. Tetapi tetap saja akan ada celah yang dapat dipergunakan oleh calon perampok untuk membobol tempat tinggal Anda atau membahayakan nyawa kalau terjadi bencana. Untuk memastikan tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan, akan lebih baik jika Anda menyediakan payung sebelum hujan.
 
Bagaimana caranya? Cukup mudah. Sebelum Anda pindah ke apartemen idaman Anda, perhatikan beberapa hal yang berkaitan dengan keamanan berikut:

Melakukan riset mengenai keamanan sekitar
Tanyakan kepada para penghuni yang sudah tinggal di sana terlebih dulu, dan juga polisi
setempat dan pedagang-pedagang di sekitar mengenai lingkungan di sekeliling apartemen.
 
Memantau pencahayaan di area-area tertentu
Kompleks apartemen yang besar kemungkinan akan memiliki sudut-sudut atau area yang gelap dan tak tersentuh cahaya di malam hari. Perhatikan perbedaan pada siang hari dan malam hari untuk mengetahui lokasi daerah-daerah tersebut.

Pintu darurat
Selain mencegah terjadinya kejahatan, keamanan juga berhubungan dengan bagaimana caranya agar Anda selalu dalam keadaan aman dalam situasi apapun. Pantau terlebih dahulu pintu-pintu darurat yang tersedia. Jika hunian Anda terletak di lantai bawah, pastikan jendela akan dapat dengan mudah dibuka jika terjadi bencana. 

Pintu masuk
Pintu gerbang menuju apartemen dan juga pintu unit apartemen merupakan dua lapisan pertahanan pertama yang berperan sangat penting dalam mencegah masuknya tamu-tamu tak diundang yang dapat membahayakan harta dan nyawa para penghuni. Pastikan bahwa akses selalu terjaga dengan baik dan benar di jalan masuk ke kompleks apartemen, adanya kamera CCTV di setiap sudut, dan lengkapi pintu apartemen Anda dengan grendel agar lebih aman.
 
Perawatan fasilitas umum
Saat mengunjungi apartemen untuk pertama kali, perhatikan hal-hal yang menunjukkan kalau adanya kelalaian dalam perawatan fasilitas umum gedung atau kompleks. Pagar yang rusak, tanaman hijau yang tak terpelihara, lampu rusak, dan cat tembok yang mengelupas merupakan beberapa contoh yang mudah dilihat. Jika hal-hal seperti ini tidak diperhatikan, maka bukan tidak mungkin perkara-perkara yang berhubungan dengan keamanan pun juga dihiraukan, seperti kunci atau jendela yang rusak.